Tuesday, May 22, 2012


 
reemill.blogspot.com - Sudahkah Anda mengakses Google hari? Pasti Anda bertanya-tanya setelah melihat ada alat musik elektronik di logo mesin pencari tersebut. Ingin tahu?
Hari ini, Rabu (23/5) bertepatan hari lahir Bob Moog. Pria yang terlahir dengan nama Robert Arthur Moog pada 23 Mei 1934 ini merupakan pelopor musik elektronik dan pencipta Moog synthesizer.

Moog Synthesizer merupakan salah satu instrumen musik elektronik yang pertama kali. Proses pengerjaan awal komponen synthesizer ini dilakukan di studio Columbia-Princeton Electronic Music Center di Amerika yang kini lebih dikenal sebagai Computer Music Center.

Di studi itu, Bob Moog mengembangkan osilator pengatur tegangan, generator ADSR, dan modul synthesizer lain bersama komposer Herbert Deutsch. Moog menciptakan synthesizer pengendali tegangan yang memanfaatkan keyboard sebagai pengendali dan memamerkannya di konvensi AES pada 1964.
Pada 1966, Moog mengajukan permohonan hak paten untuk low-pass filter bernomor paten 3.475.623 yang diakui pemerintah Amerika pada Oktober 1969.

Di bawah perusahaan Moog Music, Moog memproduksi dan memasarkan synthesizer dengan keyboard bergaya piano sebagai tatap muka standar untuk synthesizer-nya.
Moog juga menetapkan standar tatap muka kontrol synthesizer analog. Instrumen pertama yang dihasikan adalah synthesizer modular. Pada 1971, Moog Music mulai memproduksi Mini moog Model D dan merupakan salah satu synthesizer portabel yang terjangkau saat itu.

Salah satu pelanggan awal Moog Music adalah Wendy Carlos yang banyak memberi masukan berharga untuk pengembangan Moog synthesizer. Melalui keterlibatannya di musik elektronik, Moog menjalin hubungan dekat dengan artis seperti Don Buchla, Keith Emerson, Rick Wakeman, John Cage, Gerson Kingsley, Clara Rockmore, dan Pamelia Kurstin.

Dalam sebuah wawancara pada 2000, Bob Moog mengatakan,“Saya seorang teknisi. Saya melihat diri saya sebagai pembuat alat musik dan musisi adalah pelanggan saya. Mereka menggunakan ciptaan saya.”Ini dia videonya. [mor]

source :

0 comments:

Post a Comment