Saturday, May 19, 2012


reemill.blogspot.com - KATMANDU -- Seorang nenek berusia berusia 73 tahun berhasil mendaki puncak Gunung Himalaya atau yang dikenal dengan Gunung Everest. Tamae Watanabe memecahkan rekornya sendiri untuk kembali menjadi wanita tertua yang berhasil menaklukkan puncak tertinggi di dunia tersebut.

Nenek jepang tersebut berhasil mencapai puncak setinggi 8.850 meter hari Sabtu (19/5) bersama empat anggota tim lainnya. Dirinya mendaki puncak gunung itu dari sisi Tibet.

Sebelumnya, Watanabe telah mendaki gunung itu tahun 2002 pada usia 63 tahun. Ketika itu dia memecahkan rekor dunia sebagai perempuan tertua yang berhasil mendaki Everest.

Nenek pemberani ini memulai ekspedisi terbarunya bulan lalu, tapi kondisi cuaca memaksanya untuk dua kali menunda perjalanannya ke puncak.

Beberapa pendaki ditinggalkan karena cuaca yang tidak memungkinkan, kata Tilak Pandey, Kementrian Pariwisata Nepal, seperti dilansir Foxnews, Sabtu (19/5).

Sementara itu, Min Bahadur Sherchan dari Nepal tercatat sebagai pria tertua yang menaklukkan gunung itu. Dia mencapai puncak Everest pada tahun 2008 dalam usia 76 tahun.

Sedangkan pendaki termuda yang berhasil mencapai puncak Everest dipegang Jordan Romero dari Amerika. Remaja California ini sukses menjejakkan kaki di puncak Everest pada usia 13 tahun pada 2010 yang lalu. (esy/jpnn)

source : plasa.msn

0 comments:

Post a Comment